Ratusan mahasiswa UST resik-resik sungai dan makam

Ratusan mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) bersama Forum Komunitas Winongo Asri (FKWA) dan masyakarat melakukan bhakti kampung di berbagai tempat diantaranya bersih-bersih sungai Winongo, lingkungan Kampus UST dan Makam Wijaya Brata di Tahunan, Yogyakarta. Kegiatan bhakti kampus melibatkan 971 mahasiswa dan warga tersebut merupakan wujud kerja nyata mahasiswa sebelum diterjunkan secara resmi pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UST. “Sebelum mereka menjalankan KKN, mahasiswa kami ajak peduli lingkungan,”kata Dra. Siti Rochmiyati, M.Pd. selaku Ketua LP3M UST.

 

Kegiatan bhakti kampus diawali upacara pembukaan dengan dihadiri Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Ir. Edy Muhammad, Lurah Tahunan, Lurah Notoprajan, dan Rektor UST beserta mahasiswa dan masyarakat.

Kegiatan ini terbagi dalam beberapa tempat diantaranya di lingkungan kampus UST di Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, sungai Winongo (Jembatan Serangan) di Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, dan Bendungan Tanjung Sungai Winongo di Kelurahan Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Kepala Bappeda dan Rektor UST beserta jajarannya dan mahasiswa serta masyarakat mengawali bakti kampus di lokasi Makam Wijaya Brata yang ada di Tahuna. Kegiatan ini mendapatkan tanggapanpositif dari warga setempat bahkan warga turut terjun langsung.

Bakti kampus di sungai Winongo tepatnya di jembatan Serangan diawali dengan membersihkan sampah sungai dan penanaman pohon perindang (ketepeng kencono) oleh Kepala LP3M bersama FKWA serta masyarakat sekitar di bantaran sungai Winongo.