Fakultas Pertanian Dukung Kedaulatan Pangan

Dies Natalis ke-35 Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta sebaiknya menjadi media refleksi, aktualisasi, dan kompetensi lembaga yang bersangkutan. Memilih tema dies natalis FP-UST mendukung kedaulatan pangan di lahan marginal dengan memanfaatkan kearifan lokal perlu digalakan, baik di lahan pasir maupun perkotaan.

Demikian diingatkan Dr Imam Ghozali MSc selaku Wakil Rektor I UST dalam Puncak Dies Natalis ke-35 FP UST di Pendapa Tamansiswa, Kamis (21/9). Tampak hadir dan memberi sambutan  Dr Th Darini MT (Ketua Panitia), Ir Endah Prasetyowati MP (dekan FP UST). Kegiatan diikuti 270 orangtua/wali mahasiswa baru tersebut diisi pengenalan akademik, Fakultas Petanian dan pengenalan Kuliah Magang oleh Ir Zamroni MP, Ir Widarta MP, Ir Yacobus Sunaryo MSc, Menurut Imam Ghozali, refleksi penting dilakukan dengan apa yang dilakukan. Seperti Kuliah Lapangan di Jepang, merealisasikan Memorandum of Understanding (MoU) terus ditindaklanjuti dengan berbagai negara.

Sedangkan Ir Endah Prasetyowati MP dalam sambutan antara lain mengatakan, perkembangan FP UST terus meningkat. “Tahun ini menerima 270 mahasiswa baru,” ucapnya. Khususnya memanfaatkan marginal, FP UST sudah melakukan di lahan pasir di Kuwaru dan pantai Goa Cemara Bantul dan Pantai Bugel Kulonprogo. “Lahan marginal di tanami kara pedhang. Tanaman itu menarik minat orang Jepang datang dan melakukan penelitian,” kata Endah¬† Prasetowati. Bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat, kerjasama di dalam negeri meningkat pesat. Khususnya yang luar negeri mengirimkan 50 mahasiswa FP UST kuliah lapangan ke Jepang, kunjungan ke Faculty of Agriculture and Aquaculture Soc Trang Vocational College Vietnam, dan penjajakan kerjasama dengan Dong-A University Korea Selatan.

Artikel lain