Selamat Datang 3.017 Dewantara Muda di Kampus Kebangsaan UST

Bantul – Unggul, Mandiri, dan Berwawasan Kebangsaan itulah komitmen yang sejak awal diterapkan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, demikian ditegaskan  Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D. selaku Rektor UST dalam sambutannya. Tahun Ajaran 2017/2018 ini UST menerima 3.017 mahasiswa baru dari jenjang S1 dan jenjang S2. Bertempat di Gedung Jogja Expo Center (JEC) Jalan Raya Janti, Bantul, Kamis (7/9) Seluruh mahasiswa baru UST berkumpul untuk menghadiri Kuliah Umum UST Tahun 2017.

Tampak hadir Prof. Adi Nugroho selaku Ketua Yayasan Sarjanawiyata Tamansiswa memberikan sambutan dan juga Dr. Bambang Supriyadi, DEA selaku Koordinator Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus membuka acara ditandai dengan pemukulan gong. Dalam acara ini hadir juga Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rekto IV, dan Dekan beserta Tamu undangan lainnya.

“UST sekarang ini sudah menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang banyak diminati oleh mahasiswa baik dari yogyakarta maupun luar yogyakarta. Hal ini dikarenakan UST telah membuktikan terus meningkatkan baik kualitas sumber daya manusia dan peningkatan berbagi fasilitasnya”, ujar Koordinator Kopertis Wilayah V disela memberikan sambutannya. Dan itu merupakan kebanggaan sendiri bagi mahasiswa baru yang sudah memilih UST sebagai perguruan tinggi untuk menimba ilmu selanjutnya.

Secara simbolis Rektor beserta Wakil Rektor memakaikan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru sebagai penghargaan dan tanda mengawali kuliah umum. Rektor menegaskan dari 3.017 mahasiswa baru terdapat perwakilan dari 33 propinsi yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke bahkan ada yang berasal dari luar negeri. Mahasiswa yang berasal dari luar negeri adalah dari negara Malaysia, Thailand, Timor Leste, dan Amerika Serikat. Itu menandakan bahwa UST sebagai Kampus Kebangsaan semakin diminati oleh masyarakat bukan hanya dari yogyakarta bahkan luar negeri.

Dalam kuliah umum ini juga diberikan beasiswa kepada mahasiswa baru yaitu beasiswa bidikmisi dan juga beasiswa dari UST. Setiap tahun UST dipercaya dan diberikan kuota beasiswa Bidikmisi oleh DIKTI untuk diberikan kepada calon mahasiswa baru UST yang kurang mampu. Tidak cuma beasiswa Bidikmisi saja, UST juga memberikan berbagai beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu salah satunya beasiswa Kerakyatan, Kebangsaan, dan Kemandirian.

Materi Kuliah Umum dengan tema “Peran Pendidikan Tinggi dalam Membentuk Insan Unggul, Mandiri, dan Berkarakter” disampaikan oleh Drs. Triwarno Atmojo selaku Ketua BNN dan Prof. Dr. Marsudi Triatmojo, SH selaku Sekretaris Majelis Pendidikan Dewan Pendidikan Kemenristek Dikti.

Artikel lain