Tim MICOSTION dan Tim HANDY CRUTCH yang mewakili UST Yogyakarta dalam ajang lomba Global Student Innovation for Assistive Technology (gSIC-AT) di Kobe, Jepang

Tim MICOSTION dan Tim HANDY CRUTCH yang terdiri dari mahasiswa Prodi Teknik Industri dan Prodi Manajemen yang mewakili Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta dalam ajang lomba Global Student Innovation for Assistive Technology (gSIC-AT) di Kobe, Jepang sedang melakukan presentasi hasil karyanya. Selasa (22/8).

Tahun 2017 ini, UST berhasil mengirim 2 perwakilan tim dan juga sekaligus menjadi delegasi Indonesia dalam 2 kategori yaitu kategori desain yang diwakili oleh HANDY CRUTCH dan kategori teknologi yang diwakili MICOSTION. HANDY CRUTCH merupakan alat bantu kruk yang portable dan adjustable sehingga membantu pengguna untuk tetap memiliki mobilitas yang tinggi. Sedangkan MICOSTION merupakan teknologi rehabilitasi untuk pasien stroke yang mengintegrasikan fungsi sensor, otak dan musik guna merangsang sistem syaraf motorik dan memorik.

Keikutsertaan pada event ini merupakan keikutsertaan ketiga kalinya secara berturut-turut dan menunjukkan prestasi mahasiswa UST yang luar biasa di kancah internasional. Prestasi pertama UST di ajang ini dimulai pada tahun 2015 yang diwakili oleh 1 tim dan berkompetisi di Nanyang Technological University Singapore dan berhasil memperoleh 1 penghargaan Public’s Choice Award. Prestasi yang membanggakan juga diraih pada tahun selanjutnya yaitu penyelenggaran gSIC 2016 di Bangkok Thailand. UST mengirimkan 3 perwakilan dan mampu memperoleh 4 penghargaan sekaligus yaitu Merit Award, Best Presentation Award, Public’s Choice Award dan Best Poster Award.

Artikel lain