Gelar Prestasi dan Partisipasi Masyarakat Bersama Mahasiswa KKN UST

Selasa (22/8), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta mengadakan acara “Gelar Prestasi dan Partisipasi Masyarakat Bersama Mahasiswa KKN UST” bersamaan dengan penarikan mahasiswa KKN UST di Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul.

Acara Penarikan mahasiswa KKN UST di hadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Dekan, LP3M, dan BHMK serta hadir juga Camat Karangmojo Drs. Wastono, Lurah, para dukuh, kader Posdaya, dan Karang Taruna Karangmojo Gunung Kidul. “Dengan adanya program KKN khususnya dari UST di daerah Karangmojo ini dapat menambah pengetahuan warga Karangmojo dan berharap program KKN dapat berlangsung secara terus menerus”, ucap Lurah Karangmojo. Rektor UST tak lupa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada warga Karangmojo yang sudah dengan senang hati mau menerima mahasiswa KKN dari UST.

Dalam KKN kali ini mahasiswa memperkenalkan produk makanan yang bernama Dewantara Crips yang merupakan hasil olahan masyarakat di desa Karangmojo dengan mahasiswa KKN UST. Dewantara Crips sendiri berasal dari Pisang Bandung yang banyak tumbuh di daerah sekitar tempat KKN yang jarang sekali di olah oleh warga karena rasanya yang kurang enak. Maka dari hal tersebutlah timbul pemikiran untuk mengolah pisang tersebut oleh mahasiswa KKN UST. Maka terciptalah olahan makanan bernama Dewantara Crips dengan berbagai varian rasa. Mahasiswa KKN UST berharap produk ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menjadi ciri khas makanan dari daerah Karangmojo. Tak lupa Rektor UST menyerahkan secara simbolis produk Dewantara Crips kepada Kepala Dukuh Karangmojo.

Acara “Gelar Prestasi dan Partisipasi Masyarakat Bersama Mahasiswa KKN UST” mengadakan berbagai macam lomba untuk seluruh padepokan KKN UST. Berbagai macam lomba digelar yaitu lomba poster yang melibatkan seluruh padepokan dan juga lomba gunungan yang melibatkan masyarakat sekitar. Terutama lomba gunungan adalah untuk melestarikan kebudayaan yang ada di daerah Karangmojo.