Pelepasan Delegasi UST ke Jepang untuk Mengikuti Lomba “Global Student Innovation Challenge for Assistive Technology (gSIC-AT)”

Tahun ini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta mengirimkan 2 tim yaitu MICOSTION yang beranggotakan 3 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknik Industri dan 2 mahasiswa dari Prodi Manajemen, dan HANDY CRUTCH yang beranggotakan 4 mahasiswa dari Prodi Teknik Industri, mewakili Indonesia dalam lomba Global Student Innovation for Assistive Technology (gSIC-AT) di Kobe, Jepang. Lomba tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 22 – 24 Agustus 2017, di Kobe International Conference Center, Kobe, Jepang. gSIC-AT sendiri merupakan lomba tahunan berskala internasional yang mewadahi kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan alat bantu atau solusi inovatif bagi penyandang disabilitas maupun peningkatan kualitas hidup bagi lansia.

Tahun 2017 ini, UST berhasil mengirim 2 perwakilan tim dan juga sekaligus menjadi delegasi Indonesia dalam 2 kategori yaitu kategori desain yang diwakili oleh HANDY CRUTCH dan kategori teknologi yang diwakili MICOSTION. HANDY CRUTCH merupakan alat bantu kruk yang portable dan adjustable sehingga membantu pengguna untuk tetap memiliki mobilitas yang tinggi. Sedangkan MICOSTION merupakan teknologi rehabilitasi untuk pasien stroke yang mengintegrasikan fungsi sensor, otak dan musik guna merangsang sistem syaraf motorik dan memorik. Proses perancangan dan pengembangan alat yang diciptakan juga melibatkan dokter syaraf, dr. Wahyu Wihartono, Sp.S, M.Kes dari RSPAU dr. S. Hardjolukito maupun pasien bersama dengan dosen pembimbing V. Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.Sc dan Dr. Sri Hermuningsih M.M., CFP sehingga alat yang dirancang diharapkan mampu berfungsi dengan baik dan sesuai kebutuhan pengguna.

Keikutsertaan pada event ini merupakan keikutsertaan ketiga kalinya secara berturut-turut dan menunjukkan prestasi mahasiswa UST yang luar biasa di kancah internasional. Prestasi pertama UST di ajang ini dimulai pada tahun 2015 yang diwakili oleh 1 tim dan berkompetisi di Nanyang Technological University Singapore dan berhasil memperoleh 1 penghargaan Public’s Choice Award. Prestasi yang membanggakan juga diraih pada tahun selanjutnya yaitu penyelenggaran gSIC 2016 di Bangkok Thailand. UST mengirimkan 3 perwakilan dan mampu memperoleh 4 penghargaan sekaligus yaitu Merit Award, Best Presentation Award, Public’s Choice Award dan Best Poster Award.

Prestasi yang telah dibuktikan dan keikutsertaan aktif UST di ajang gSIC-AT ini mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari seluruh pihak di UST baik dari Rektor UST Drs. H. Pardimin, Ph.D, seluruh jajaran wakil rektor dan pejabat struktural di lingkungan UST terutama Dekan Fakultas Teknik, Drs. Agus Priyanto, S.T., M.M., Kaprodi Teknik Industri Retno Widiastuti, S.T., M.Eng, Dekan Fakultas Ekonomi Suyanto, S.E., M.Si dan Kaprodi Manajemen Dra. Jajuk Herawati, M.M.

Artikel lain