KKN merupakan sarana pembelajaran langsung bagi mahasiswa di tengah-tengah masyarakat

YOGYAKARTA –  Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sarana pembelajaran langsung bagi mahasiswa di tengah-tengah masyarakat. Ilmu yang sudah didapatkan di kampus diimplementasikan sekaligus mencari formulasi terbaik guna mengatasi permasalahan yang muncul di masyarakat.

“Jadikanlah KKN sebagai media untuk belajar, menimba pengalaman, membagi ilmu, mengedukasi masyarakat dan bergotong-royong membangun masyarakat,” kata Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D.  dalam sambutan pelepasan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat di Posdaya dan Desa Wisata Periode I Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Senin (20/6/2016).

Pelepasan berlangsung di Pendapa Tamansiswa dihadiri Rektor, Wakil Rektor IV UST Yogyakarta, Kepala LP3M, dan Dosen yang menjadi DPL. Pelaksanaan KKN dimulai 18 Juli s.d. 22 Agustus 2017 dengan jumlah 72 padepokan dan 856 Mahasiswa dari berbagai macam Program Studi serta 36 DPL. Lokasi KKN  terdapat di tiga kabupaten yaitu Gunung Kidul, Bantul, dan Kulon Progo.

“Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hal kepintaran, ilmu pengetahuan, melainkan (juga) dalam hal kebudayaan,” ucapnya Rektor UST Yogyakarta mengenai pembangunan karakter bangsa. Selesai memberikan sambutan Rektor didampingi Wakil Rektor IV dan Ketua LP3M secara simbolis memakaikan jaket kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN.